Dampak Penggunaan Gadget Berlebihan

Di tengah kemajuan teknologi saat ini, semua dapat kita lakukan dengan menggunakan sebuah alat bernama Gadget atau lebih dikenal dengan sebutan handphone. Membantu kemudahan dalam berkomunikasi, mengerjakan pekerjaan hingga mencari hiburan, membuat Gadget menjadi alat yang sangat diminati dan penting untuk dimiliki untuk memudahkan hidup manusia.

Adanya kemudahan tersebut membuat kita lebih banyak menggunakan Gadget/handphone daripada berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Penggunaan Gadget secara berlebihan dapat memberikan dampak negatif pada tubuh, contohnya paparan sinar Gadget sangat berbahaya bagi kesehatan mata kita.

Berikut ini adalah beberapa dampak negatif dari paparan Gadget yang digunakan terlalu lama bagi mata kita, diantaranya adalah:

  1. Sakit kepala
  2. Pegal di daerah sekitar alis, pelipis, dahi atau leher.
  3. Mata lelah dan penglihatan ganda/berbayang
  4. Pada usia anak, diduga dapat merangsang miopia atau yang biasa dikenal dengan rabun jauh
  5. Mata Berair
  6. Penglihatan buram

Meskipun penggunaan Gadget dapat membantu memudahkan pekerjaan, namun kesehatan mata harus tetap kita jaga. Salah satunya adalah mengurangi waktu penggunaan Gadget atau handphone. Selain itu kita tetap harus merapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta segera melakukan pemeriksaan ke dokter mata apabila mengalami gejala penyakit akibat paparan Gadget yang telah disebutkan diatas, agar segera mendapatkan penanganan yang cepat tepat dan cepat.

Sumber: Promkes Kemenkes RI
Penulis dan editor: Medya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.