Kegiatan

Gerakan Serentak IVA Test & Sadanis Untuk Cegah Kanker Lebih Dini

Hari ini 15 Februari 2023, dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia, UPT Puskesmas Tlanakan mengadakan Gerakan Serentak IVA Test & Sadanis. Pemeriksaaan IVA dan SADANIS merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim dan kanker payudara sedini mungkin.
Pemeriksaan ini Gratis dan diikuti oleh masyarakat di wilayah kerja UPT Puskesmas Tlanakan. 

Kanker Serviks merupakan kanker terbanyak yang diderita oleh perempuan di Indonesia. Kanker ini berawal dari tumor ganas yang mengenai leher rahim dan disebabkan oleh Human Papiloma Virus (HPV). Leher rahim yang terpapar virus HPV berpotensi menjadi kanker dalam waktu 3-17 tahun jika tidak dilakukan tindakan pencegahan. Sedangkan Kanker payudara termasuk juga dalam daftar 10 penyebab kematian terbanyak perempuan di Indonesia.  

Rangkaian kegiatan gerakan serentak ini diawali dengan pendaftaran dan pengisian biodata, pengukuran berat badan, lingkar perut dan tensi, penyuluhan Sadanis, pemeriksaan payudara dan pemeriksaan IVA. Pemeriksaan menggunakan Tes IVA ( Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) dilakukan dengan pemberian asam asetat atau asam cuka pada leher rahim selama 1 menit. Sedangkan, pemeriksaan SADARI dapat dilakukan pada rentang hari ke 7 – 10 setelah hari pertama menstruasi dimana payudara sedang dalam kondisi paling lunak. Langkah awal melakukan SADARI adalah dengan mengamati kondisi payudara, lalu mengangkat tangan sebelah kanan dan raba payudara dengan tangan kiri dari arah pinggir, memutar ke arah putting susu lalu tekan dengan perlahan. Apabila terdapat cairan berwarna merah darah maka bisa saja merupakan indikasi adanya sel kanker. Lakukan gerakan yang sama dalam keadaan berbaring untuk meraba kemungkinan adanya benjolan. Memang, tidak semua benjolan berarti kanker. Namun, apabila menemukan benjolan yang tidak terasa sakit dan muncul selama 2 kali siklus menstruasi, lebih baik datang ke dokter spesialis onkologi untuk dilakukan SADANIS guna menegakkan jenis benjolan yang ada.

Diharapkan kegiataan Gerakan Serentak ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terutama wanita terhadap pentingnya deteksi dini terhadap Kanker Serviks dan Kanker Payudara. / (meg)