Waspada! Varian Baru Omicron Terdeteksi di Indonesia

Perkembangan kasus aktif Covid-19 mulai kembali terdengar di berbagai negara, salah satunya adalah Indonesia. Kasus Covid-19 di Indonesia kembali meningkat signifikan. Terakhir Kementerian Kesehatan mencatat ada lebih dari lima ribu kasus baru di Indonesia.

Saat ini, Kemenkes masih meneliti kemampuan BA.2.75 yang saat ini menunjukkan tren peningkatan kasus di India.

Dilaporkan bahwa Omicron varian BA.2.75 atau yang dikenal di sebagian kalangan pakar ilmu kesehatan dengan sebutan varian Centaurus itu telah dinyatakan masuk ke Indonesia. Hal ini dinyatakan dalam sebuah laporan kasus aktif yang terdeteksi pada tanggal 18 Juli di Jakarta sebanyak 2 kasus dan Bali 1 Kasus.

Kejadian ini Menjelaskan kepada kita bahwa kewaspadaan dan proteksi diri dari pandemi Covid-19 masih harus terus dilakukan, karena hanya dengan demikian, penyebaran Covid-19 dapat segera diantisipasi dan dilakukan penanganan.

Melihat kondisi tersebut, maka masyarakat diharapkan untuk tetapĀ  disiplinkan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Tidak hanya itu, masyarakat juga diharapkan dapat bersegera dalam mengikuti program vaksinasi yang diselenggarakan oleh pemerintah, baik dosis lengkap maupun booster. Dengan demikian, diharapkan herd immunity dapat segera terbentuk dengan sempurna dan dapat mengurangi jumlah kematian yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19.

Tanggung jawab dalam melakukan pencegahan Covid-19 adalah milik kita bersama, untuk itu segera lakukan isolasi mandiri dan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat melalui fitur telemedicine apabila mengalami gejala Covid-19, agar bisa segera mendapatkan penanganan yang cepat dan sesuai dengan prosedur penanganan pasien Covid-19.

/(meme)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.