Sulit Tidur? Ini Cara Sehat Mengatasi Insomnia

Insomnia adalah salah satu jenis gangguan tidur. Penderita insomnia biasanya sulit atau bahkan tidak bisa tidur sama sekali dan bila berlangsung lama, kondisi tersebut sangat berbahaya dan perlu diwaspadai. Tidur memiliki peran penting dalam menciptakan tubuh yang sehat dan bugar dalam menghadapi aktivitas keseharian. Saat tidur tubuh akan melakukan pemulihan berbagai sel yang rusak dan jaringan yang terjadi setiap harinya. Waktu yang dibutuhkan untuk tidur bisa berbeda-beda pada setiap orang. Tergantung usia, gaya hidup, dan faktor lingkungan. Namun secara umum, orang dewasa membutuhkan tidur malam setidaknya 7-8 jam dalam satu hari.

Berikut ini adalah cara sehat mengurangi insomnia yang penting untuk diketahui dan dilakukan, diantaranya adalah:

  1. Berolahraga secara teratur
  2. Menghindari konsumsi makanan atau minuman yang berlebihan sesaat sebelum tidur.
  3. Mengurangi konsumsi minuman yang bersifat stimulan seperti teh, kopi, alkohol,dan rokok.
  4. Apabila memiliki permasalahan untuk tidur, hindari pergi ke tempat tidur untuk menonton tv atau berselancar di social media, karena warna terang akan merangsang otak untuk terus terjaga
  5. Lakukan aktivitas relaksasi rutin seperti meditasi dan melatih pernafasan

Selain itu kita tetap perlu menerapkan perilaku hidup sehat. Jika masalah tidur belum terselesaikan dengan baik makan segera melakukan pemeriksaan ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat, agar bisa segera mendapatkan penanganan dari petugas kesehatan yang profesional untuk menyelesaikan masalah tidur yang dialami.

Β 

Sumber: Promkes Kemenkes RI
Penulis dan editor: Medya

One thought on “Sulit Tidur? Ini Cara Sehat Mengatasi Insomnia

  • 30 Juli 2022 pada 2:39 pm
    Permalink

    Semoga sll bermanfaat buat sesama πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    Balas

Tinggalkan Balasan ke Nanang N Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *